Minggu, 08 November 2009

Tugas Open GL




Nama Kelompok :

- DEBBY ALJAN PALIVI ( 32108386 )

- PANDU PRADIPTA (31108499)

- AKMAL FAUZAN (30108155)

- RAHCMAT EFENDY (31108544)

- FAJAR RACHMAD K (30108758)

OPENGL DENGAN SOFTWARE DEV-C++

1. Membuat SEGITIGA

Ket Program

{

/* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();

glRotatef (theta, 0.0f, 0.0f, 1.0f);

glBegin (GL_TRIANGLES);

glColor3f (0.8f, 0.0f, 5.0f); glVertex2f (0.0f, 1.0f);

glColor3f (2.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (0.87f, -0.5f);

glColor3f (0.0f, 87.0f, 1.0f); glVertex2f (-0.87f, -0.5f);

glEnd ();

glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

theta += 1.0f;

Sleep (1);

}

Inputan Program












Output Program












1. Contoh Membuat garis

Ket Program

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();

glRotatef (theta, 0.0f, 0.0f, 1.0f);

glClearColor(1,1,1,0); // warna background putih

glColor3f(1,1,1); // warna garis hitam

glBegin(GL_LINES); //digunakan untuk membua garis tiap 2 titik yang ada

glVertex3f(0,0,-0.8); //garis 1

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);

glEnd ();

glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

Inputan Program












Output Program












CARA PEMBUATAN GARIS DAN GRAFIK PADA OPENGL

DISINI PEMBUAT MEMAKAI DEV-C++ DAN glut.3.7.6+ UNTUK MEMBUAT OPENGL.

- INSTALL DEV-C++ 4.9.9.2

- SETELAH ITU PILIH TOOLS – PACKAGE MANAGER. MAKA AKAN MUNCUL JENDELA PACKAGE MANAGER LALU PILIH PACKAGE YANG ADA PADA STATUS BAR LALU PILIH ISTALL PACKAGE MAKA AKAN MUNCUL JENDELA UNTUK MENCARI PACKAGE CARI glut.3.7.6+ YANG SUDAH ADA PADA KOMPUTER ANDA LALU INSTALL

- SETELAH PROSES INSTALLASI DEV-C++ DAN GLUT SELESAI PILIH FILE –NEW -PROJECT YANG ADA PADA STATUS BAR

- MAKA MUNCUL JENDELA NEW PROJECT LALU PILIH MULTIMEDIA DAN LALU PILIH OPENGL LALU PILIH OK

- AGAR PROJECT BISA DICOMPILE TAMBAHKAN

-lglut32

-lglu32

-lopengl32

-lwinmm

-lgdi32

- CARANYA PILIH PROJECT – PARAMETERS – TAMPAHKAN PADA KOTAK DIALOG LINKER.

SETELAH KITA BUAT PROJECT BARU MAKA SECARA OTOMATIS PADA LAYAR AKAN MUNCUL BANYAK KODING YANG ANDA PERLU GANTI HANYA PADA :

“/* OpenGL animation code goes here */”

DAN DIBAWAH KODE DIATAS ANDA BISA MENULISKAN APA YANG ANDA INGINKAN INGIN MEMBUAT SEGITIGA, BALOK, GARIS HANYA PERLU MENULISKAN DIBAWAH /* OpenGL animation code goes here */”

CONTOH KODING MEMBUAT ROTASI, SKALA PADA SEGITIGA

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();

glRotatef (theta, 0.0f, 0.0f, 1.0f);

glBegin (GL_TRIANGLES);

glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (0.0f, 1.0f);

glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (0.87f, -0.5f);

glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f); glVertex2f (-0.87f, -0.5f);

glEnd ();

glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

theta += 1.0f;

Sleep (1);

PADA KODING :

glBegin (GL_TRIANGLES);

ITU KODING UNTUK MENENTUKAN APAKAH ANDA INGIN MEMBUAT SEGITIGA GARIS KALAU ANDA INGIN MEMBUAT GARIS HANYA PERLU MENGGANTI TRIANGLES MENJADI LINE DAN UBAH SKALA GARIS YANG ANDA INGINKAN DAN JANGAN LUPA UNTUK DICOMPILE LAGI

PADA KODING :

glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (0.0f, 1.0f);

glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (0.87f, -0.5f);

glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f); glVertex2f (-0.87f, -0.5f);

ITU YANG MENENTUKAN SKALA PADA SEGITIGA

PADA KODING

theta += 1.0f;

UNTUK MEMBUAT ROTASI PADA OPENGL . APA BILA KODING ITU ANDA HAPUS MAKA GRAFIK TAK AKAN BERPUTAR.

INGAT :

SETIAP ANDA MEMBUAT PROJECT BARU JANGAN LUPA MENAMBAHKAN PADA PROJECT OPTIONS

-lglut32

-lglu32

-lopengl32

-lwinmm

-lgdi32 ( HARUS DI ISI SECARA MANUAL )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar